Tips Menggunakan Ponsel Dalam Berkendara

Dijaman modern ini ponsel (telepon selular) sudah merupakan perlengkapan dasar hampir setiap orang. Kita setuju bahwa ponsel sangat berperan penting dalam memudahkan hidup kita, baik bisnis, komunikasi dan lain2. Selain mempunyai dampak positif, ponsel juga pastinya ada sisi kurang baiknya.

Ponsel begitu penting untuk kita sekarang ini. Oleh karena itu kita bisa saja dihubungi dimanapun, kapanpun. Baik ada berita biasa saja atau yang penting. Sewaktu kita berkendara, menggunakan mobil ataupun motor kita pasti pernah/sering dihubungi oleh seseorang, atau hanya sekedar menerima sms. Malah saya sering melihat orang yang sedang bertelepon dan ber-sms ria sewaktu sedang mengendarai motor (Duh ngerinya). Menggunakan ponsel saat berkendara sangat berbahaya. Sangat penting bagi kita untuk menyadari berbahayanya menggunakan ponsel jika sedang berkendara untuk mencegah kecelakaan yang sering terjadi.

Di beberapa Negara, orang yang menggunakan ponsel sewaktu berkendara akan dikenakan sangsi, karena dapat membahayakan hidup, namun tidak demikian di Indonesia. Belum ada sangsi apapun untuk mengatasi hal tersebut. Menggunakan ponsel sewaktu berkendara mempunyai resiko 4 kali lebih besar terhadap kecelakaan. Artinya, lebih besar 4 kali cedera, 4 kali patah tulang, atau 4 kali terbunuh bukan hanya terhadap diri sendiri tetapi juga orang lain. Jadi.....

tips ponsel dalam berkendara


Survey

Penelitian terakhir menemukan bahwa menggunakan ponsel sewaktu berkendara malah lebih berbahaya dari berkendara saat mabok (nah lo). Penelitian tersebut menunjukan bahwa respon kita akan lebih lambat 50% dari yang tidak menggunakan ponsel, dan 30% lebih buruk dari keadaan dibawah pengaruh alcohol. Alasannya adalah karena adanya pengalihan perhatian. Menggunakan ponsel membuat visualisasi, pembicaraan, psikis dan mental mendapat pengalihan perhatian.

Pengalihan dalam kasus ini mempunyai efek yang cukup serius. Saat menggunakan ponsel, pengendara lebih sedikit rambu2 lalulintas, berkendara lebih dekat dengan pengendara lain, dan lebih sulit mengendalikan kecepatan. Menggunakan ponsel bisa berarti banyak hal, tidak hanya berarti menjawab telepon. Membaca/mengetik sms, berinternet, menggunakan kamera ponsel dan hal2 yang berhubungan dengan itu juga termasuk didalamnya.

Peralatan “Hands Free” diciptakan untuk meniadakan masalah2 yang timbul tadi. Bagaimanapun, penelitian terakhir memberikan peringatan bahwa aksesoris seperti itu juga sama berbahayanya. Peralatan hands free juga sama2 mengalihkan perhatian, dan dilarang di banyak Negara, juga tidak disarankan. Kalau memang mendesak, menelepon sebaiknya dilakukan secara ringkas, dan jika telepon tersebut menyebabkan keadaan stress ataupun secara emosional menjadi tidak stabil sebaiknya segera akhiri pembicaraan. Meskipun peralatan hands free diperbolehkan, namun tetap saja banyak kecelakaan terjadi saat orang menggunakannya.

Untuk tetap selamat, yang terbaik sebaiknya dilakukan adalah patuhi hukum dan jangan pernah menggunakan ponsel jika sedang berkendara. Termasuk juga hanya melihat nomor telepon seseorang atau melihat waktu. Kehilangan konsentrasi sebentar saja bisa fatal akibatnya. Matikan ponsel, dan aktifkan fasilitas voicemail, dan lihat pesan yang masuk jika dalam pemberhentian yang aman. Ingat, dalam keadaan lalulintas yang lambat sekalipun, cuaca ataupun keadaan tidak terduga masih bisa menyebabkan kecelakaan.

Biarkan dulu pesan sms yang masuk, dan jangan mencoba untuk membalas pesan sewaktu mengendara. Menepilah jika memang sms tersebut dirasa penting. Dan tidak kalah pentingnya, kita juga harus memperingati jika kita menjadi penumpang seseorang yang sedang menggunakan ponsel dalam berkendara.

Selamat berkendara dengan aman

Article Source: http://www.123article.org
edited and translated by: PonselPintar.Blogspot.com

Jika kamu ingin menanggapi atau punya pengalaman sejenis, silahkan posting komentar dan berbagi dengan kami

====================================================================

Bagaimana caranya memaksimalkan ponselmu? Teman yang satu ini akan memberitahukan caranya. Tinggal di klik saja
====================================================================

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar